Tanah Kavling Murah Lampung

Tanah Kavling Bandar Lampung

Post Page Advertisement [Top]

Ukuran tanah kavling berdasarkan posisi dan bentuknya ?

 


Tanah Kavling - Tanah kavling merupakan sebidang tanah yang telah ditata dan dirapihkan sedemikian rupa agar dapat digunakan sebagai tempat membangun rumah, gedung, atau yang lainnya. Pada dasarnya, tanah kavling boleh dibeli dari pihak developer maupun pemilik tanah yang telah membagi-bagi sebidang tanah menjadi beberapa bagian kecil yang siap untuk dijual kepada konsumen. Dalam proses pembelian tanah kavling, akan ada proses yang cukup panjang yang harus dilakukan dengan hati-hati. Pembelian tanah kavling juga biasanya dilakukan oleh mereka yang ingin membangun rumah atau bangunan komersial. Ditambah tentu saja harga dari tanah kavling aka berbeda tergantung dari berbagai faktor. Salah satunya adalah faktor ukuran kavling itu sendiri, lantas, apa saja ukuran tanah kavling berdasarkan posisi dan bentuknya?


Dalam skala ukuran, para calon pembeli harus mengerti bahwa tanah kavling datang dalam berbagai ukuran, dalam hal posisi serta bentuknya yang sangat penting untuk diketahui. Ukuran tanah kavling bisa bervariasi tergantung pada posisi dan bentuknya. Tentunya terdapat berbagai macam bentuk yang mana setiap bentuk kavling memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung pada lokasi dan tujuan penggunaannya. Berikut adalah jenis-jenis ukuran tanah kavling berdasarkan posisi serta bentuknya. 


Kavling persegi atau Standard Lot


Standard lot memiliki bentuk panjang dan lebar yang sama atau mirip, maka dari itu ukurannya relatif lebih mudah ditentukan. Untuk ukuran kavling persegi juga dapat bervariasi mulai dari 5x5 meter hingga 30x30 meter atau bahkan lebih besar bergantung pada lokasi dan tujuan penggunaannya. Kavling persegi/standard lot ini biasanya digunakan untuk membangun rumah atau bangunan komersial kecil layaknya toko dan kantor. 


Kavling persegi panjang 


Walaupun pada dasarnya, kavling persegi panjang juga bisa disebut sebagai Standard Lot, namun kavling ini mempunyai ukuran yang lebih panjang daripada lebarnya, seperti persegi panjang. Dalam hal ukuran, kavling ini dapat bervariasi mulai dari 10x20 meter hingga 20x50 meter atau lebih tergantung pada lokasi dan tujuan penggunaannya. Dalam hal penggunaan, Kavling persegi panjang biasanya digunakan untuk membangun rumah dengan desain yang lebih panjang atau bangunan komersial yang lebih besar seperti gedung perkantoran atau pusat perbelanjaan. 


Kavling Corner Lot (segitiga)


tanah kavling yang satu ini adalah tanah yang langsung bersentuhan dengan dua jalan yang saling bersimpangan. Karena itu disebut sebagai corner lot, dimana bagian lot yang bersinggungan dengan jalan cenderung simetris layaknya segitiga, sedangkan bagian lainnya tidak. Ukuran kavling ini bisa dibilang cukup besar, hingga dapat dipakai untuk membangun rumah seluas 495 m². Kavling corner lot seringkali digunakan untuk membangun rumah besar atau bangunan komersial kecil seperti toko atau kantor. 


Kavling Rear Loaded & Flute


Tipe tanah kavling rear-loaded disini memiliki bentuk yang memanjang yang bila dijadikan rumah, besar kemungkinan bahwa maka rumah tersebut akan memiliki pintu masuk di sisi belakang dengan bagian depan yang sempit. Sedangkan untuk tipe Flute sendiri mirip dengan rear-loaded, dimana tanah kavling flute juga memiliki bentuk yang memanjang, tetapi berbeda dalam ukuran dimana kavling ini tidak terlalu lebar. Ciri khasnya dari Flute yaitu bagian depan dan belakang yang sempit, seperti bentuk seruling. Walaupun tidak terlalu lebar luasnya, pemilik tipe tanah ini biasanya mengakalinya dengan membangun rumah dua lantai.


Kavling tidak beraturan atau irregular 


Seperti namanya, kavling tidak beraturan memiliki bentuk yang sulit untuk ditentukan karena tidak memiliki bentuk yang pasti. Kavling ini seringkali ditemukan di daerah pedesaan atau di pinggiran kota dimana kavling ini tidak terpaku pada bentuk geometris yang pada umumnya terdapat pada kota-kota yang sudah disusun rapi. Kelebihannya yaitu bila dibandingkan dengan kavling lainnya, harga per meter persegi untuk kavling irregular cenderung lebih murah.




Itulah tadi beberapa jenis ukuran dari tanah kavling yang ada di Indonesia. Penting untuk diketahui bahwa ukuran tanah kavling juga dapat berbeda-beda tergantung pada peraturan pemerintah setempat atau peraturan tata ruang yang berlaku di daerah tersebut, yang menyebabkan harga serta kenyamanan menjadi berbeda-beda.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]